Mei 31, 2010

Manfaat Kelopak Bunga Rosella

Pernahkah anda merasakan gejala-gejala seperti nyeri, rasa panas, melilit ulu hati terutama saat perut kosong. Biasanya nyeri akan membaik setelah makan & minum, akan tetapi beberapa jam kemudian muncul lagi. Tak jarang gejala yang muncul berupa mual, muntah, kembung, hilang nafsu makan & badan lemah. Bila itu yang anda rasakan, dipastikan kamu sudah terserang Maag.

Sebenarnya sakit maag terjadi karena gangguan atau radang selaput lendir dinding lambung karena produksi asam lambung berlebihan. Sakit maag dapat berlangsung dalam waktu singkat, kambuh-kambuhan atau kronis (menaun).

Sakit maag dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, rangsangan produksi asam lambung oleh berbagai sebab & obat-obatan yang dapat menyebabkan perih di lambung.

Pemakaian obat pereda nyeri ternyata dapat mengiritasi lambung sehinga perut terasa perih. Oleh sebab itu, obat ini sebaiknya diminum setelah makan. Gaya hidup ikut andil dalam menyebabkan seseorang sakit maag seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas, coklat, minum alkohol & kopi. Hal ini disebabkan makanan & minuman tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Kebiasaan makan tidak teratur & merokok jg meningkatkan risiko sakit maag.

Maag ataupun nyeri di ulu hati kerap datang & menyerang siapa saja tanpa pandang bulu terutama bagi orang yang memiliki kebiasaan makan tidak tratur & yang sedang mengalami stress. Oleh karena itu perlu kita kenali apa dan bagaimana tanda & gejalanya serta cara menangulanginya.

Maag atau hyperacidity merupakan iritasi lambung yang muncul akibat berlebihannya produksi asam lambung. Maag dapat dipicu oleh kebiasaan makan yang tidak teratur, merokok dan stress. Sedangkan nyeri ulu hati atau heartburn adalah sensasi terbakar di bagian atas perut ( di tengah dada ) yang terjadi karena asam lambung yang berlebihan mulai bergerak naik menuju krongkongan (esofagus). Kambung adalah gangguan yang terjadi karena adanya gas dalam jumlah berlebihan di lambung atau usus. Akibatnya perut terasa kencang dan sakit.

Penelitian yang dilakukan oleh Ir. Didah Nurfaridah pada tahun 2005, menemukan bahwa kadar antioksidan yang terkandung dalam kelopak kering Rosella jauh lebih tinggi dibandingkan tanaman kumis kuncing & bunga kop. Zat aktif yang paling berperan dalam kelopak bunga Rosella meliputi gossypetin, antosianin, dan glucoside hibiscin.

Kandungan zat aktif dalam Cuka Bunga Rosela Tahesta, dalam hal ini keasaman cukanya, mampu membersihkan bakteri Helicobacter Pylory secara bertahap sampai bersih. Sedangkan Asam Amino dan Kaliumnya akan memperbaiki fungsi kelenjar untuk menormalkan produksi sel-sel mucus (lendir pelindung dinding lambung). Selain itu Asam Maltat akan memperbaiki bekas luka pada lambung dan usus serta membersihkan sel-sel yang rusak. Selain itu zat pectin akan melindungi dinding lambung dan dinding usus dari kuman, bakteri dan asam lambung degan membentuk lapisan gel.

by: Ahmad Ilham Tanzil (admin's friend)

3 komentar:

Pak_Wow mengatakan...

kunjungan balik di sabtu pagi...
nice info gan..!!
^_^v

follow n tuker link balik ya...!!!

RAMDHAN mengatakan...

Kebetulan nih sy selalu rutin mengkonsumsi bunga rosela.. kandungan vitamin C tinggi dan aman tuk jangka panjang, tidak perlu lg mengkonsumsi suplemen vit. c yg beredar dipasaran yg belum tentu aman tuk jangka panjang

hilm4n mengatakan...

@ Pak_Wow

ok pak..salam kenal dr saya..

@ Kang Ramdhan

memang yg berunsur alami banyak skali manfaatnya..hhe..